Saturday 20 October 2018

Cara Membuat Alat Penetas Telur Ayam (Sederhana)


Hallo salam sukses buat kalian yang lagi belajar beternak, semoga apa yang akan saya share bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian yang sudah mampir ke blog ini. Amiin…
 Oh ya, sebelumnya ASF selalu sharing materi mengenai Vespa dan juga Jaringan

BACA JUGA : Sejarah vespa diIndonesia Hanya di ASF

Nah sekarang saya akan mencoba membagikan hasil dari apa yang sudah saya lakukan dan pelajari mengenai alat penetas telur manual yang sederhana.

Sebelumnya saya akan menjelaskan dulu bagai mana siklus bertelurnya ayam. Secara garis besar AYAM BERTELUR – MENGERAMI – MENETAS namun di balik itu semua ada proses yang harus dilalui oleh ayam indukan yaitu secara normal ayam induk mengerai telurnya selama 21 Hari sampai menetas dan jadi seekor anak ayam (DOC) dan ada juga proses membolak balikan telur oleh induk ayam nya langsung ketika mau mengerami telurnya, proses inilah yang membuat telur menjadi hangat secara merata.
Biasanya tidak semua telur ayam bisa menetas semuanya, ada yang gagal menetas. Biasanya induk ayam bias bertelur 10 – 15 butir telur dalan waktu 1 hari 1 butir telur.
Namun ad acara yang efektif yang bisa membuat telur bisa menjadi DOC atau bisa menetas semua, yaitu dengan cara membuat alat penetas telur. Tapi harga alat penetas telur dengan menggunakan mesin dan juga listrik harganya sangat mahal. Untuk itulah saya sharing kepada teman-teman semua untuk bisa membuat alat penetas telur secara sederhana dan juga terjangkau, agar semua telur bisa menetas dan menjadi ayam semuanya.
Oke langsung saja ini di acara pembuatan dan instalasinya.

ALAT-ALAT :
1.       1 buah Kardus (mie instan atau aqua gelas)
2.       Botol air mineral
3.       Sekam padi
4.       Bohlam 5W (kuning)
5.       Gantungan lampu
6.       Kabel secukupnya
7.       Colokan
8.       Gunting
9.       Air
10.   Spidol anti air/permanen
11.   obeng

CARA INSTALASI :
1.       buat aliran listrik ke lampu
sambungkan kabel ke gantungan lampu dan sambungkan juga ujung kabel yang satunya lagi ke colokan.
2.       Kotak penetasan
Ambil kardus dan isi dengan sekam padi yang kering (usahakan jemur sampai benar benar kering)
3.       Beri angka pada telur
Beri angka 1 sampai 4, tujuannya agar ketika membolak balikan telur tidak pusing dan juga bisa lebih merata karna ada angkanya.
Seperti ini :

4.       Botol air
Potong bagian atas botol air minum dan isi dengan air biasa, tujuannya agar kelembapan di dalam kotak tetap terjaga
5.       Proses instalasi
Silahkan lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya :




Seperti itulah cara membuat alat penetas telur sederhana, ya kira kira jika di totalkan tidak sampai Rp. 30.000. dan untuk proses membolak baliknya bisa di lakukan di setiap jam 6 pagi, jam 12 siang dan jam 6 sore. Biarkan lampu tetap menyala.
Tetap control suhu di dalam kotak, ketika terasa sangan panas buka lebar kotak dan matikan lampu, diamkan 15 menit lalu nyalakan kembali agar udara panas yang awal bias berganti dengan udara yang baru.

Mungkin itu saja yang bisa saya sharing tentang cara membuat alat penetas telur ayam yang sederhana, semoga bermanfaat dan kalau masih belum jelas bisa bertanya di kolom komentar di bawah yang sudah di sediakan.
Terimakasih.








0 komentar:

Post a Comment