Friday 18 August 2017

Cara Mengganti Kabel Kopling Vespa

Kabel ibarat urat pada tubuh manusia hahaha
eh tapi bener, kalo ga ada urat pada tubuh kita ga bakalan bisa bergerak bahkan hidup. Vespa juga demikian, tanpa kabel vespa kita ga bakalan bisa jalan bahkan hidup. untuk itu sangat penting untuk merawat jaringan kabel pada besi tua yang satu ini agar bisa bertahan sepanjang masa dan terus eksis di jalanan.

Kali ini saya akan share bagaimana cara merawat dan mengganti kabel kopling pada vespa. sebelum ke cara nya saya akan jelaskan dulu apa itu kopling dan fungsinya apa, ya mungkin kalian taulah kopling pada sepeda motor itu bagaimana, tapi ga banyak orang bisa menjabarkan ketika ada yang nanya apa itu kopling ? benerkan ? 





Kata kopling berasal dari kata serapan coupling yang kata dasarnya adalah couple, artinya pasangan. Namun pengertian kopling di Indonesia berbeda dengan coupling di luar negeri. Kopling di negara kita lebih identik dengan clutch.
Pengertian coupling pada kendaraan bermotor adalah hubungan antara engkol dan roda, dimana engkol yang terhubung dengan roda dapat menghasilkan tenaga mesin. 
Kopling adalah komponen motor yang menghubungkan poros engkol dengan poros roda gigi transmisi. Kalau di luar negeri komponen ini bernama clutch.

Fungsi kopling adalah untuk mengatur daya yang disalurkan dari mesin ke transimisi, kemudian transmisi mengubah kecepatan mesin sesuai dengan yang diinginkan.

Cara Kerja Kopling

Dalam keadaan dimana fungsi kopling bekerja dengan baik, ketika pengemudi menekan kopling, tenaga mesin akan diputus, karena saat kopling ditekan maka gaya tekan itu mendorong release fork dan release fork anda mendoroang release bearing. Sehingga release bearing mengangkat pegas diaprahgma dan preaseure palte dan clutch disc akan terlepas dengan flywheel diikuti roda gigi yang terlepas dari pengaruh putaran mesin. Kondisi inilah yang memungkinkan terjadinya perpindahan roda gigi pada transmisi.
nah itulah sekilas tentang kopling pada vespa.
Cara Mengganti Kabel Kopling Vespa
1. Siapkan kabel kopling, obeng (+) dan Tang/Gegep

2. Tarik kabel kopling yang sudah rusak 
3. Celupkan kabel kopling yang baru ke dalam oli agar licin saat pemasangan *Kotor itu baik hehehe
4. Kaitkan kepala kabel ke Handle kopling dan masukan kelubang kabel luar kopling 
5. Perlu di ingat, saat memasukan kabel kopling cek dahulu kabelnya, apakah sudah rapi atau kan ada cabang, kalo ada kabel yang bercabang sebaiknya potong dulu dengan menggunakan tang/gegep
6. Masukan kabel kopling ke lubang kopling secara perlahan 
7. Periksa kabel kopling di bagian bawah, letaknya di bagian bawah knalpot.
8. Jika sudah terlihat, tariklah dan pasangkan baut untuk mengencangkan dan menyetel kopling.
9. Saatnya menyetel kopling vespa. 
10. Hidupkan vespa dan lakukan test drive.
Gimana ? mudah bukan mengganti kabel kopling ? semoga bermanfaat dan menjadi bekal saat di tengah perjalanan terjadi hal yang tidak di inginkan pada kopling kalian. 
Terima kasih.
BACA JUGA :

4 comments:

  1. mantap dah artikelnya... saya kesulitan nyari tips mengganti kopling vespa hehehe nemu deh.. :)
    http://essenaquatic.xyz

    ReplyDelete
  2. terima kasih kang admin, mantap artikelnya. salam mesin kanan dari tasik

    ReplyDelete
  3. Sami sami kang.. nuhun oge tos mampir..
    Bantu share..
    Salam mesin kanan juga kang.. nuhun

    ReplyDelete