Sunday 6 August 2017

Cara Memperbaiki dan Menyetel Celah Platina Vespa

Lagi nyari tau soal benerin platina vespa ? 
atau bingung dengan vespa yang berebet atau nembak ? 
kamu beruntung mampir kesini.



Sebelumnya saya akan jelasin dulu tentang pengapian pada vespa. Untuk vespa lawas seperti vespa super, vespa vbb, vespa PTS dan tipe vespa lainnya yang diproduksi di bawah tahun 80 adalah jenis vespa yang masih menggunakan pengapian platina, pada masanya pengapian platina sangatlah umum di gunakan oleh setiap pabrikan kendaraan bermotor, akan tetapi setelah sekian banyak nya jenis kendaraan bermotor yang di produksi mulailah pengapian platina kian redup dan beralih ke pengapian model CDI.

Jika kamu membandingkan antara platina dan CDI, pasti banyak yang menggunakan pengapian jenis CDI karena di anggap lebih praktis, tidak perlu setel sana setel sini tidak perlu getok getokan hehehe... namun bagi yang sudah menyukai hal yang klasik pasti lebih memilih platina sebagai pengapian vespanya. 

Bagi yang memilih pengapian platina pasti sudah tau resiko dan solusinya sendiri untuk memperbaikinya. namun tidak dengan yang awam (tidak tau) dengan pengapian jenis ini. untuk itu mari kita bahas cara menyetel platina vespa yang bener.

Sebelum menyetel platina, ini dia penampakan platina :



*perhatikan yang di lingkari warna merah, bentuk platina seperti 2 batu pada jam tangan.


Setelah mengetahui bentuk platina itu seperti bentuk batu jam tangan yang berdempetan, sebenar nya ada jarak atau kerenggangan yang sangan tipis sekali yaitu dengan kerenggangan 0,30mm-0,50mm, atau jika diilustrasikan ke dalam bentuk lain itu hanya berjarak satu helai kertas saja. Untuk yang vespa nya berebet atau nembak itu jaraknya sangat signifikan, bisa jadi terlalu rapat atau terlalu renggang. 

Untuk penampakan pada vespa nya sendiri yaitu seperti ini :


*Tampak platina dilihat dari lubang kipas.


Cara Menyetel nya seperti ini :

1. Gunakan obeng (-) untuk merenggangkan platina.



2. Perhatikan angka no 1 pada gambar platina.
3. Posisikan obeng pada platina bagian atas atau no. 1 (jangan tengahnya)
4. Geser untuk merenggangkan, 
5. hati hati saat  menggeser, pelan pelan saja agar kerenggangan nya     sehelai     kertas atau 0,30mm - 0,50 mm.
6. Setelah selesai cobalah hidupkan vespanya dan lihat hasilnya.


Nah itulah cara setting platina vespa yang berebet atau nembak. dan jika masih begitu atau tidak ada perubahan, periksalah bagian yang berhubungan dengan pengapian. 

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan untuk cara menyetel platina vespa, semoga bermanfaat dan bisa di fahami. kalo belum ngerti bisa tanya saya langsung di kolom pertanyaan di bawah. 
Terima kasih.







7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. bang itu digesernya ke bawah brati ya kalo dari atas getuknya?

    ReplyDelete
  3. Di lihat dulu posisi platina nya untuk bisa memungkinkan di getuk dari arah mana supaya renggang an nya tetap bagus sekitar 0,30 - 0,50
    Kalo boleh saya kasih saran getuk nya jangan terlalu kuat. Kalo bisa cujup di geser aja.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih sudah membantu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap. sama sama bro, mampir ke youtube gua bang >>>> https://bit.ly/2OHaG7U

      Delete