Thursday 11 October 2018

Pengertian dan Fungsi Repeater, Bridge, NIC

Sebelumnya ASF sudah menjelaskan tentang jenis-jenis jaringan komputer (wan, lan, man dan pan), pada artikel kali ini saya mencoba membuat resume mengenai Pengertian dan Fungsi Repeater, Bridge dan NIC (network Interface Controller). sebelumnya mungkin kalian sudah pernah mendengan ataupun sudah mengetahui tentang istilah istilah berikut ini, jadi kalo ada yang salah mohon dimaklumi karena saya juga masih belajar.
oke, langsung saja kita bahas dari yang pertama yaitu repeater, selamat membaca.

1. Repeater

Repeater adalah perangkat yang berfungsi memperluas jangkuan sinyalWIFIsehingga wilayah yang tidak dapat menangkap sinyal WIFI, bisa menangkap sinyal WIFI. Harus ada 2 alat untuk Repeater, yaitu alat untuk menerima sinyal dari server( Client ) dan alat untuk menyebarkan sinyal WIFI( Accespoin t).



Berikut ini fungsi-fungsinya:
✓Untuk memperluas sinyal dari Server( pemancar ).
✓Untuk mempermudah akses sinyal WIFIdari Server.
✓Untuk memberika sinyal pada daerah yang jauh dari Server( pemancar ).

2. Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang beroperasi di OSI Layer 2, data-link.Perangkat tersebut untuk membuat sebuah segmen jaringan atau memperluas jaringan. Bisa juga untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, contoh antara kabel UTPdengan kabel serat optik atau bisa juga dengan dua buah arsitektur jaringan yang berbeda.



Berikut ini fungsi-fungsinya:
✓Untuk membagi jaringan menjadi dua buah jaringan.
✓Untuk mengatur informasi antar networkagar tertib.

3. NIC ( Network Interface Controller )

NIC adalah perangkat keras yang berbentuk kartu dengan kegunaan untuk menjadi jembatan komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerjanya mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk NIC ( Network Interface Controller )
NIC adalah perangkat keras yang berbentuk kartu dengan kegunaan untuk menjadi jembatan komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerjanya mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial yang dapat ditransmisikan kedalam media jaringan.



Berikut ini fungsi-fungsinya:
✓ Sebagai media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan.
✓Untuk mengotroldataflowantara komputer dan sistem kabel.
✓Untuk menerima data yang dikirim dari komputer melalui kabel, lalu diterjemahkan kedalam bitagar dapat dimengerti oleh komputer.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya share ke kalian tentang pengertian dan fungsi repeater, bridge dan NIC

baca juga Jenis-jenis Jaringan (Pan, Lan, Man, Wan) Hanya di ASF

semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya, jika ada masukan atau kesalahan bisa tinggalkan komentar kalian pada kolom dibawah yang sudah di sediakan. 

Sumber :  idcloudhost.com

2 comments: